PEMAIN SEPAKBOLA DI TIMNAS BELANDA YANG MEMILIKI DARAH KETURUNAN INDONESIA.


ROBIN VAN PERSIE

RVP

Jika ada pesohor sepakbola Eropa yang keturunan Indonesia, mungkin dialah Robin van Persie. Striker Manchester United yang baru saja meraih sepatu emas musim 2012/13 di Liga Primer Inggris ini memiliki darah Indonesia dari neneknya yang berasal dari Surabaya.
Selain itu, bomber kelahiran Rotterdam 29 tahun silam ini juga memiliki darah Suriname dan Antilles, sebuah wilayah Kepulauan Karibia yang merupakan bekas jajahan Belanda. Hingga saat ini, ia sudah mengoleksi 34 gol dari 74 penampilannya bersama timnas. Terpaut enam gol dari pencetak gol terbanyak Oranje Patrick Kluivert.

 

NIGEL DE JONG

jong

Nigel de Jong termasuk salah satu pemain Belanda yang memiliki keturunan Indonesia Gelandang bertahan yang terkenal keras ini memiliki garis keturunan dari ibunya yang berasal dari Ambon, Maluku. Sementara ayahnya merupakan orang Suriname. Meski demikian, De Jong mengaku tidak mengetahui sedikitpun mengenai bahasa daerah ibunya.
De Jong sendiri lahir di Amsterdam pada 10 September 1984 dan pernah membela Ajax, Hamburg, Manchester City sebelum akhirnya berkarier di AC Milan hingga saat ini. Ia mampu membawa timnas Belanda ke final Piala Dunia 2010 di Afsel di mana salah satu momen terkenalnya adalah ketika mengangkat kaki tepat ke dada gelandang Spanyol Xabi Alonso.

MARK VAN BOMMEL

bommel

Mark van Bommel dipercaya memiliki garis keturunan Indonesia dari ibunya yang berasal dari Maluku. Gelandang bertahan ini pernah berkarier di Spanyol (Barcelona), Jerman (Bayern Munich), Italia (AC Milan), sebelum akhirnya pensiun di klub yang membesarkan namanya, PSV Eindhoven, di akhir musim ini.
Karier terakhirnya di timnas Belanda adalah di Euro 2012 ketika ia ditunjuk pelatih Oranje yang juga mertuanya, Bert van Marwijk, menjadi kapten. Sayang di bawah kepemimpinannya, Belanda harus tersisih dini di fase grup. Sejak debutnya pada 2000 silam, ia sanggup tampil sebanyak 79 kali membela timnas.

 JOHN HEITINGA

john

Pemain ini mengakui dirinya punya hubungan darah dengan Indonesia adalah John Heitinga. Bek Everton ini pernah berujar, “Ayah saya benar berasal dari Indonesia. Dan lahir di Jakarta.” Hubungan bek Belanda ber-caps 85 ini dengan Indonesia ternyata berawal dari kakeknya, Gijsbert Johannes Heitinga, yang berasal dari Belitung.
Di akhir tahun 1950-an, keluarga besar Heitinga hijrah ke Belanda akhir. “Kami enam bersaudara semuanya laki-laki. Empat lahir di Jakarta dan dua di Belanda. Kami pindah ke Belanda tahun 1959,” kata kakeknya. Bek berusia 29 tahun itu pun tak sabar untuk bisa berada di negara kelahiran kakek dan ayahnya pada 7 Juni 2013 mendatang ketika timnas Belanda akan bertanding menghadapi Indonesia.

ROY MAKAAY

makaay

Rudolphus ‘Roy’ Makaay menjadi salah satu pemain keturunan Indonesia yang sanggup menjadi pencetak gol tercepat sepanjang sejarah Liga Champions. Makaay mencatatkan hal tersebut di detik ke-10 saat Bayern Munich membobol gawang Real Madrid pada tahun 2007.
Ibu Makaay adalah orang asli Maluku. Pemain yang pensiun pada tahun 2010 ini memang memiliki rekor ciamik di klub, 526 penampilan dengan torehan 256 gol, bersama tim seperti Bayern, Deportivo La Coruna, hingga Feyenoord. Namun, torehan tersebut sedikit berbeda di level timnas di mana ia ‘hanya’ sanggup mencetak enam gol dari 43 caps.

GIOVANNI VAN BRONCKHORST

giovani

“Tentu saja, itu kan negara asal kakek dan nenek. Jelas saya berminat kembali ke tempat akar saya.” Itulah kalimat yang pernah dikatakan Giovanni van Bronckhorst, mantan kapten timnas Belanda yang kini telah gantung sepatu. Gio, panggilan Van Bronckhorst, merupakan salah satu pemain Belanda yang mengaku terbuka memiliki keturunan Indonesia, tepatnya di Maluku

Eks pemain Feyenoord dan Barcelona ini lahir di Rotterdam 38 tahun yang lalu dari pasangan orang tua Victor van Bronckhorst, yang blasteran Indonesia-Belanda, dan Fransien Sapulette, yang asli Saparua, Maluku. Mantan bek kiri yang fasih berposisi di gelandang bertahan ini masih bisa berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Indonesia dengan aksen Indonesia Timur.

Selama membela timnas sejak 1996, ia sudah memiliki caps 106 plus enam gol. Ia pensiun usai mengapteni Oranje di Piala Dunia 2010 di mana ia mencetak gol indah di babak semi-final melawan Uruguay.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s